Sejarah Universitas

Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa  (USY) merupakan Gabungan dari Akbid Syekh Yusuf Gowa dan Akper Syekh Yusuf Gowa serta 6 Program Studi tambahan. USY memiliki Program studi Keperawatan Program Diploma III, dan Kebidanan Program Diploma III, serta 6 Program studi baru yaitu Program Studi S1 Administrasi Kesehatan, Program Studi S1 Manajemen, Program Studi S1Hukum, Program Studi S1 Kimia, Program Studi S1 Tekhnik Lingkungan, Program Studi S1 Komunikasi Visual.

Jumlah mahasiswa di Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa relatif stabil, beberapa program studi mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Meskipun relatif stabil akan tetapi persaingan antar perguruan tinggi semakin ketat, sehingga diperlukan strategi promosi dan marketing serta pola penerimaan mahasiswa baru yang semakin kreatif, inovatif, dan produktif untuk mengakses berbagai peluang sehingga menjangkau masyarakat secara luas, peningkatan kualitas pembelajaran, tata kelola yang kredible, transparan, akuntable, bertanggungjawab dan adil.

Sampai saat ini Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa memiliki jumlah dosen dengan kualifikasi S2 dan S3, tenaga kependidikan dengan kualifikasi D3, S1 dan S2 , Dengan asset berupa gedung 4 lokal yang dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai dan bidang tanah yang tiap tahun mengalami pertambahan hal ini dilakukan untuk menunjang kegiatan Tri Dharma Perturuan Tinggi. Mengingat Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa adalah perguruan tinggi swasta, dimana pemasukan dana sebagian besar dari sumber masyarakat (mahasiswa) maka diperlukan manajemen institusi yang effektif dan efisien.

Pengembangan peran dan tugas dosen melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, perlu difasilitasi dan terus ditingkatkan sehingga dapat mencapai kompetensi dan tersertifikasi. Disisi lain, tenaga kependidikan harus disiapkan dan ditingkatkan kompetensinya sesuai bidang tugasnya agar mampu mendukung proses bisnis yang berkualitas.

Stakeholder di Indonesia menentukan standar terhadap tenaga kerjanya berasal dari institusi pendidikan yang telah terakreditasi. Program Studi di  Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa telah terakreditasi. Namun tantangan dari dunia kerja semakin selektif untuk penerimaan tenaga kerja lulusan perguruan tinggi. Sehingga Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa minimal harus meningkatkan status akreditasi institusi maupun prodi, dan meningkatkan kualitas program pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang melebihi standar kebutuhan stakeholder.

Setiap tahun kepercayaan masyarakat semakin meningkat dibuktikan dengan banyaknya institusi pelayanan Kesehatan yang melakukan kerjasama penyerapan lulusan. Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa memfasilitasi lulusan untuk memperoleh informasi dan berbagai pelatihan tentang strategi menghadapi dunia kerja. Hal ini menjadi kekuatan dan peluang bagi Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa dalam penyaluran dan penempatan lulusan.

Dinamika dunia kerja yang cepat berubah menentukan kompetensi kerja dan adanya peraturan pemerintah tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia menuntut institusi pendidikan untuk mengembangkan kurikulum Pendidikan Tinggi sesuai standar nasional pendidikan tinggi berbasis KKNI sehingga dapat memenuhi kebutuhan dunia kerja. Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa mengembangkan Kurikulum secara dinamis dengan menambahkan program unggulan, yang sesuai dengan visi misi Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa dan tantangan Global. Program Studi di Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa perlu terus didorong dan difasilitasi untuk melaksanakan pembelajaran yang kondusif dengan berprinsip pada transparansi dan akuntabilitas metode pembelajaran dan penilaian sehingga mahasiswa dapat belajar dengan menyenangkan untuk mencapai kompetensi dan lulus dengan sangat memuaskan.

Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa juga perlu mengembangkan sikap dan ketrampilan kewirausahaan/ enterpreunership yang terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan kemahasiswaan. Hal ini dilaksanakan agar lulusan mampu beradaptasi diri dalam kehidupan bermasyarakat dan menciptakan pekerjaan secara kreatif, inovatif, dan produktif.

Dalam konteks tersebut Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa merupakan Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia, yang dijiwai dan dilandasi nilai-nilai Al-Islam pada tataran ideologis-filosofis maupun praktis-aplikatif. Hal ini menjadi salah satu kekuatan untuk kelangsungan dan kesinambungan dalam mencapai tujuannya mencerdaskan kehidupan bangsa, serta menghasilkan Insani Profesional, Mandiri, Berakhlak Mulia, dan Berwawasan Kemakmuran.

Perumusan Renstra Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa berdasarkan pada visi, misi, dan tujuan, base line yang telah ditetapkan, dengan mempertimbangkan hasil analisis kemampuan internal organisasi dan faktor eksternal. Penyusunan Resntra Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa, Menjabarkan rencana operasional dan anggaran tahunan Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa, menjadi dasar pengembangan program pada universitas dan semua unit dalam naungan Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa.

Scroll to Top